Ilustrasi (internet)

medanToday.com, MEDAN – Setelah Mandailing Natal, kini kawasan Padangsidimpuan, Sumatera Utara diguncang gempa. Namun, kekuatan gempa lebih kecil dibandingkan dengan kekuatan gempa di Mandailing Natal pada pukul 08.53 WIB tadi.

Informasi lanjutan yang disampaikan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan, guncangan gempa di Padangsidimpuan 3,5 skala richter. Pusat gempa berada di 0.98 Lintang Utara dan 98.86 Bujur Timur.

“Lokasi gempa berada pada 78 kilometer Barat Daya Padangsidimpuan. Titik gempa di kedalaman 36 kilometer,” kata Kepala Bidang Data dan Informasi BMKG Wilayah I Medan, Syahnan, Kamis (1/3/2018).

Namun, Syahnan belum bisa memastikan apakah sejauh ini ada kerusakan di kedua wilayah tersebut. Hanya saja, kata dia, gempa ini tidak menimbulkan potensi tsunami.

“Gempa susulan di Padangsidimpuan ini terjadi pukul 10.41 WIB. Kami masih melakukan pendataan lebih lanjut mengenai peristiwa ini,” katanya.

Gempa yang terjadi pagi tadi di Mandailing Natal dirasakan pula sampai ke Nias, Lubuk Basuang, Pariaman dan Pasaman. Kekuatan gempa di Mandailing Natal tadi mencapai 5,4 skala richter.

“Informasi lanjutan akan kami sampaikan jika sudah terupdate. Tim masih melakukan analisis terkait gempa ini,” pungkasnya.

Sebelumnya, Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara pukul 08.35 WIB tadi diguncang gempa. Dari data yang disampaikan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan, kekuatan gempa mencapai 5,4 skala richter.

“Pusat gempa bumi berada di Samudera Hindia sebelah Barat Kabupaten Mandailing Natal. Hasil update analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini memiliki kekuatan M 5,4. Episenter terletak pada koordinat 0,91 LU dan 98,63 BT, tepatnya di laut pada jarak 37 Km arah Barat Daya Kota Singkuang, Kabupaten Mandailing Natal pada kedalaman 98 Km,” kata Kepala Bidang Data dan Informasi BMKG Wilayah I Medan, Syahnan, Kamis (1/3/2018).(mtd/min)

========

Komentar Anda