Plt Kepala Dinas Pendidikan Sumut Lasro Marbun. (Istimewa)

medanToday.com, MEDAN – Plt Kepala Dinas Pendidikan Sumut Lasro Marbun mengatakan, kesiapan sekolah jelang pembelajaran tatap muka di masa pandemi pada awal Januari 2021 sudah di atas 90 persen.

“Dari laporan surat menyurat, persiapan sekolah di bawah naungan Dinas Pendidikan (Disdik) Sumut di atas 90 persen. Sedangkan lainnya masih proses mempersiapkan,” kata Lasro saat dikonfirmasi wartawan melalui sambungan telepon, Kamis (31/12).

Dia menjelaskan, kesiapan itu masih dari dimensi bidang pendidikan. Ke depannya masih harus mendengarkan pandangan dari pihak lain seperti ahli psikologi anak, Dinas Kesehatan Sumut serta Satgas Penanganan Covid-19 Sumut.

“Awal tahun depan, kita akan melakukan tinjauan langsung bersama tim Satgas, Dinas Kesehatan Sumut dan lintas profesi seperti ahli psikologi anak, ahli epidemiologi dan lainnya,” ujarnya sembari menyebutkan sampai saat ini proses persiapan di tiap sekolah berlangsung positif.

Sebelumnya pada Rabu (30/12) pagi, Disdik Sumut telah melakukan rapat koordinasi di posko penanganan Covid-19 Sumut bersama beberapa pihak terkait. Mulai dari Satgas Penanganan Covid-19, Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Ikatan Psikologi Anak (IPA), ahli epidimologi, Dinas Pendidikan Sumut dan Dinas Kesehatan Sumut.

“Kesimpulannya, masih perlu kesabaran melakukan belajar tatap muka. Kalau soal kapan, itu menjadi kewenangan gubernur dengan memperhatikan keputusan pemerintahan pusat,” katanya.

Lasro mengatakan, belajar tatap muka harus juga mempertimbangkan kondisi penyebaran Covid-19 di Sumut. Mulai dari kabupaten atau kota hingga kesiapan sarana dan prasarana tiap sekolah.

Dia berharap kepada seluruh sekolah tetap melakukan optimalisasi persiapan belajar tatap muka. Ia juga meminta agar orang tua peserta didik bersabar dan tetap tidak merasa bosan mendampingi putra-putrinya belajar.

“Kita juga jangan lupa berdoa agar pandemi ini usai. Semoga vaksinasi segera terwujud untuk mengurangi penyebaran Covid-19,” tutupnya.

Komentar Anda