Ilustrasi Vaksin Covid-19. (Ist)

medanToday.com, MEDAN – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan, Arjuna Sembiring mengatakan bahwa pemerintah tengah mempersiapkan vaksinasi Covid-19. Pelaksanaan perdana direncanakan pada pekan depan.

“Vaksinasi Covid-19 di Kota Medan akan dimulai dengan Plt Wali Kota, Sekda, ketua dan anggota dewan serta diikuti unsur Forkopimda lainnya,” kata Arjuna di Medan, seperti dilansir dari Antara, Rabu (6/1).

Arjuna mengungkap hal itu usai mengikuti rapat koordinasi kesiapan penanganan vaksinasi Covid-19 dan kegiatan penegakan protokol kesehatan (Prokes), bersama Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin yang digelar secara virtual di Balai Kota Medan.

Selain itu, Arjuna kembali mengingatkan bahwa setelah warga Medan divaksinasi agar tidak mengabai penerapan Prokes di manapun berada.

“Vaksinasi Covid-19 ini untuk membantu warga. Walaupun sudah divaksin, masyarakat harus selalu menggunakan masker, rajin mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan,” imbaunya.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam rapat koordinasi mengatakan, program vaksinasi Covid-19 akan dimulai secara serentak di Indonesia pada 13 Januari mendatang.

“Penyuntikan perdana akan dilakukan kepada Presiden pada 13 Januari 2021. Setelah itu diikuti secara serentak di 34 provinsi,” kata Budi sembari menjelaskan proses vaksinasi berlangsung selama 15 bulan yang dimulai di Januari 2021 hingga Maret 2022 dengan jumlah populasi 181,5 juta jiwa. (mtd/min)

Komentar Anda