medanToday.com,MEDAN – Sebanyak 15 sado atau delman dari Kota dingin Berastagi akan ikut serta dalam kirab budaya, acara ngunduh mantu yang digelar besan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) di Medan.

15 sado beserta kudanya itu dibawa dari Berastagi, dengan menggunakan truk. Pihak keluarga sengaja mengikut sertakan sado-sado yang biasa digunakan wisatawan di Berastagi itu untuk membawa pihak keluarga dan pejabat negara yang akan mengikuti prosesi kirab budaya sebelum resepsi pernikahan Bobby Nasution dan Kahiyang Ayu Siregar berlangsung.

Sarto Sembiring, salah satu kusir mengatakan dirinya merasa senang bisa ikut serta dalam acara spesial tersebut.

“Bangga juga bisa ikut serta dalam acara pernikahan anak Presiden Jokowi,” katanya, Selasa (21/11) usai simulasi atau gladi kirab budaya.

Santo mengungkapkan, pada kesempatan itu, dirinya juga bisa mempromosikan Berastagi yang merupakan salah satu daerah wisata di Sumut.

“Sekaligus kita bisa promosikan sado Berastagi bang,” paparnya.

Ia mengungkapkan, dalam mengikuti prosesi tersebut pihaknya juga membawa 15 ekor kuda yang terdiri dari 13 ekor kuda betina dan 2 ekor kuda jantan.

“Karena betina lebih gampang diatur. Kalau jantan harus lebih waspada,” ujar pria yang sudah 10 tahun lebih menjadi kusir sado di Berastagi.

Saat ditanya berapa upah yang diberikan untuk mengikuti kirab budaya tersebut Santo enggan untuk mengucapkannya.

“Saya kurang tau pasti bang. Cuma biasanya kalau sewa perhari Rp500 sampai Rp700 ribu,” tandasnya. (mtd/bwo)

=================

Komentar Anda