Ketua Panitia Lomba Foto Hermansyah (kedua kiri), didampingi Sekretaris Arifin Al Alamudi (kiri), berbincang dengan Direktur Relawan Kita Prananda Defri Noval Pasaribu (kedua kanan) dan Sekretaris PSP Foundation Rudiansyah (kanan) seusai melakukan pertemuan di Medan, Sumut , Rabu (13/3).MTD/Ist

medanToday.com,MEDAN – Pewarta Foto Indonesia (PFI) Kota Medan dan Prananda Surya Paloh (PSP) Foundation menggelar Lomba Foto Instagram 2019 bertema Wisata Kota Medan. Dengan total hadiah Rp 30 juta untuk 16 pemenang.

Pelaksanaan lomba foto ini terdiri dari dua tema. Tema pertama Pasar Ikan Lama Kota Medan mulai tanggal 14-20 Maret 2019.

Sedangkan tema kedua Pedagang Kuliner Kaki Lima Kota Medan mulai tanggal 21-27 Maret 2019.

Pemenang pertama masing-masing tema akan meraih hadiah Rp 5 juta. Juara kedua Rp 3 juta, juara ketiga Rp 2 juta, dan lima pemenang favorit masing-masing tema akan mendapatkan hadiah Rp 1 juta.

Caranya ikutnya bagaimana?

1. GRATIS PENDAFTARAN

View this post on Instagram

#lombafotografi Untuk mempromosikan Wisata Kota Medan, #PSPFoundation bersama #PFIMedan menyelenggarakan lomba foto instagram tema "Wisata Kota Medan" Dengan syarat-syarat sebagai berikut: ___ • Lomba terbuka untuk umum • Peserta wajib mem-follow akun Instagram @pfimedan @pspfoundation @kitaprananda @pranandapaloh serta merepost flyer lomba foto dan mention ke 5 (lima) orang teman di akun IG masing-masing. __ • Setiap foto yang di-posting wajib memberikan hastag #pfimedan #pspfoundation#lombafotoPfimedanPSP #MudaBerwawasan #PranandaPaloh #kitaprananda • Foto diambil menggunakan kamera DSLR atau Mirrorless. ___ • Foto yang di-upload merupakan foto yang sesuai dengan tema lomba dan diambil di wilayah Kota Medan. ___ • Foto tidak menampilkan pornografi, provokatif, dan menimbulkan konflik SARA. ___ • Karya foto yang diikutkan merupakan milik sendiri, bukan foto rekayasa atau kolase dan hanya diperkenankan edit minor. ___ • Tidak diperkenankan menggunakan aplikasi filter. ___ • Setiap peserta dapat mengirimkan maksimal 5 karya foto yang dilengkapi judul foto, nama lengkap dan caption menarik dari foto. ___ • Pihak penyelenggara dalam hal ini PFI Medan dan PSP Foundation dapat menggunakan foto-foto pemenang dan nominasi sebagai publikasi dengan tetap mencantumkan nama fotografer. ___ • Keputusan Dewan Juri mutlak dan tidak dapat diganggu gugat. ___ • Pihak penyelenggara dalam hal ini PFI Medan dan PSP Foundation tidak bertanggung jawab terhadap tuntutan dari pihak lain terhadap objek foto dari setiap karya peserta. ___ • Dengan mengirimkan karya foto pada lomba ini berarti peserta tunduk atau menyetujui peraturan yang telah ditetapkan. ______ #infolombafoto #lombafotoinstagram #lombafotomedan

A post shared by KITA PRANANDA (@kitaprananda) on

“Cara ikutan lomba foto ini sangat mudah. Gratis uang pendaftaran dan hanya cukup upload foto-foto sesuai tema di akun instagram masing-masing. Akun jangan di-private ya,” ujar Hermansyah selaku Ketua Panitia Lomba Foto ini, Kamis (14/3).

Selain itu peserta lomba foto wajib mem-follow akun Instagram @pfimedan @pspfoundation @kitaprananda @pranandapaloh. Serta merepost flyer lomba foto dan mention ke 5 (lima) orang teman di akun IG masing-masing .

Setiap foto yang di-posting, tambah Hermansyah, wajib memberikan caption foto dan menulis hastag #pfimedan #pspfoundation #lombafotopfimedanPSP #mudaberwawasan #pranandapaloh #kitaprananda di akhir caption foto.

2. Ingin kembalikan kejayaan Pasar Ikan Lama & pedagang kuliner kaki lima

Direktur Relawan Kita Prananda Defri Noval Pasaribu mengatakan kegiatan lomba foto ini adalah bentuk kegelisahannya terhadap nasib pedagang tradisional di Pasar Ikan Lama Medan dan Pedagang Kuliner Kaki Lima.

“Dulunya pasar ini berjaya. Pembelinya bahkan datang dari Malaysia, tapi sekarang sepi dan para pedagang tidak bisa mengikuti perkembangan zaman,” ungkap Defri.

Selain itu para pedagang kuliner kaki lima saat sangat kesulitan bersaing dengan pebisnis kuliner bermodal besar. Para pedagang kuliner kaki lima juga selalu dibayangi ancaman penggusuran, pungli dari OKP, dan lain sebagainya.

“Padahal soal rasa, pedagang kuliner kaki lima gak kalah enak dari restoran dan kafe-kafe yang bagus. Bahkan rasanya lebih enak. Tapi mereka selalu terpinggirkan dalam hal kebijakan pemerintah,” tambahnya.

Untuk itu, ia berharap lewat lomba foto ini, keberadaan pedagang Pasar Ikan Lama dan pedagang kuliner kaki lima yang ada di Kota Medan mendapat perhatian dari masyarakat dan pemerintah.

Ketua PFI Medan Rahmat Suryadi mengatakan sasaran peserta lomba foto ini adalah seluruh masyarakat di Kota Medan. Tidak hanya fotografer profesional, mahasiswa, para penghobi foto, masyarakat umum, dan lain sebagainya sangat diharapkan partisipasinya dalam lomba foto ini.

“Peserta umum, dan mengapa lewat instagram, karena saat ini para milenial sangat menggandrungi media sosial instagram. Sehingga efeknya akan lebih besar dan pesertanya bisa lebih banyak,” jelas Rahmad.

Puncak acara penyerahan hadiah akan direncanakan berlangsung di Taman Ahmad Yani Medan pada 30 dan 31 Maret 2019.

Pada tanggal 30 Maret nantinya akan digelar workshop foto jurnalistik untuk seluruh peserta dan ada akan digelar lomba foto On The Spot dengan total hadiah Rp 3 juta. Pengumuman pemenang akan dilakukan pada 31 Maret 2019.

Untuk informasi lebih lengkap terkait lomba foto instagram 2019 ini bisa dilihat di akun instagram @pfimedan @pspfoundation dan @kitaprananda. Bisa pula menghubungi panitia lomba foto di nomor 08116551559 atas nama Ega Ibra.(mtd/min)

============================

Komentar Anda