Satuan Sigap Yonkav 6/NK melaksanakan simulasi penanganan jenazah COVID-19 di Makonyov di Kelurahan Asam Kumbang Medan. (Antara/HO.)

medanToday.com, MEDAN – Tim pengawasan dan evaluasi Bidang Operasi Angkatan Darat melakukan kunjungan ke Makonyov 6/NK di Kelurahan Asam Kumbang Medan, Kamis (10/12). Mereka memeriksa kesiapan Batalyon Kavaleri (Yonkav) 6/NK menjadi Satuan Sigap Covid-19.

Tim dipimpin Spaban II/Minops Staf Operasi Angkatan Darat (Sopsad) Kolonel Inf Hendro, dan disambut langsung oleh Danyonkav 6/NK Mayor Kav Dani Prasetyo Wibowo.

Pemeriksaan penyiapan Satuan Sigap Covid-19 dilaksanakan selama tiga hari (9 sampai 11 Desember 2020).

Hal ini merupakan program kerja Angkatan Darat ke satuan wilayah Kodam I/BB khususnya Yonkav 6/NK sesuai ST Kasad No.ST/435/2020 Tanggal 4 Juni 2020 tentang perintah kepada seluruh jajaran prajurit TNI AD agar membentuk satuan Covid-19 sebagai pengganda.

Setibanya di lokasi, Tim Wasev Sopsad melakukan beberapa pengecekan sarana dan prasarana serta meninjau pelaksanaan penegakan protokol kesehatan (Prokes) Sigap Covid-19.

Selain itu, Tim Wasev Sopsad melihat langsung kegiatan latihan simulasi bersama pada penanganan jenazah Covid-19 yang dilaksanakan oleh satuan Sigap Covid-19 Yonkav 6/NK.

Pada simulasi itu dilaksanakan beberapa kegiatan diantaranya penanganan jenazah, pengamanan, mobilisasi, pemakaman, uji coba diskontaminasi ambulans dan tim ambulans.

Selanjutnya, skenario simulasi penanganan dan pemakaman jenazah Covid-19 dimulai dengan pelaksanaan pengecekan kesiapan personel yang terlibat. (mtd/min)

Komentar Anda